Home » Activity » PELATIHAN PUBLIC RELATIONS MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FDIK UIN RADEN INTAN LAMPUNG

PELATIHAN PUBLIC RELATIONS MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FDIK UIN RADEN INTAN LAMPUNG


 

Sudah Siapkah Menghadapi Revolusi 4.0 ?

 
Revolusi 4.0 merupakan tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Pada tataran praktiknya revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia yang tentunya akan membawa dampak positif dan negatif dari berbagai lini kehidupan manusia. Contohnya saja industri ini akan semakin kompak dan efisien akan tetapi ada resiko yang dimunculkannya yaitu berkurangnya Sumber Daya Manusia karena digantikan oleh mesin atau robot.

Kehadiran revolusi industri 4.0 juga menghadirkan usaha baru, lapangan kerja baru, profesi baru yang tak terpikirkan sebelumnya misalnya saja munculnya transportasi dengan sistem ride-sharing seperti Go-jekUber, dan Grab yang sekarang diminiati oleh masyarakat luas, dan jika dilihat dari satu sisi yang berbeda keaadan ini akan  mengakibatkan kesenjangan dalam dunia kerja. Dimana Ijazah bukan lagi menjadi modal utama dalam mencari pekerjaan, dan kecakapan dalam dunia digitallah yang menjadi modal utamanya. Hal inilah yang pada saat ini mungkin dihadapi oleh mahasiswa di berbagai perguruan tinggi, salah satunya Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung.

Dan untuk menjawab kegelisahan yang dihadapi mahasiswa, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam melaksanakan kegiatan pelatihan Publik Relation bagi mahasiswa dengan tema Membangun SDM berkualitas menuju Era Industri 4.0 yang dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 26-27 Oktober 2019 dengan pemateri Hj. Fahrial, S.Sos., M.M dan Hermanto, S.T., M.T. dengan pelatihan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat berusaha untuk terus-menerus meningkatkan kemampuan belajar, ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan era industri 4.0, sehingga akan mempunyai daya saing yang lebih kuat dan harus menjadi kesadaran bersama bahwa perubahan besar dalam industri 4.0 adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari dan dengan segala potensi yang ada kita harus menjadi pelaku aktif yang mendapat manfaat atas perubahan besar itu.