Home » Berita » FDIK Helat Visiting Profesor dan Penandatangnan Kerjasama dengan Kolej Dar Al-Hikmah

FDIK Helat Visiting Profesor dan Penandatangnan Kerjasama dengan Kolej Dar Al-Hikmah


Bandar Lampung – Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN RIL menggelar visiting profesor dan perjanjian kerjasama. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang theater, Academic and Research Center UIN Raden Intan Lampung pada Hari Jumat (10/3/2023).

Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Ghazali Basri dan Prof. Dr. Noriah Mohamed dari Kolej Dar Al- Hikmah Malaysia. Tampak hadir Wakil Rektor I Prof. Dr. Alamsyah, Dekan FDIK Dr. Abdul Syukur, serta para guru besar FDIK, Wakil Dekan I, II, & III, Kaprodi dan Sekprodi dari 4 jurusan, KPI, BKI, PMI dan MD. Hadir pula para dosen dan mahasiswa di lingkungan FDIK.

Prof. Ghazali Basri mengatakan, Islam tidak hanya sebatas ritual ibadah tapi ajaran hidup yang indah sesuai fitrah manusia. Menurutnya, Malaysia yang mewakili masyarakat seluruh agama, meliputi Islam, Hindu, Buddha, Sikh, Katolik dan lainnya. Selama 20 tahun, Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) mendakwahkan Islam kepada non muslim dengan mengadakan kemah dan mengundang saudara non muslim untuk berdialog. Mereka mendakwahkan Islam ke rumah sakit, penjara dan lainnya. Mereka juga yang menginisiasi lahirnya MTG ( Mosque Tour Guide) untuk mengenalkan masjid kepada sesama manusia.

Menurutnya, pemimpin muslim harus memberikan contoh atau tauladan yang baik kepada semua manusia. Khususnya dalam hal toleransi keagamaan, lingkungan hidup dan kenegaraan lainnya.
“Tugas kita adalah menyampaikan Islam kepada sesama manusia, apapun respon mereka, itu bukan tanggung jawab kita, ” ujarnya dalam menyampaikan materi.

Sementara itu Prof. Dr. Noriah Mohamed mengungkapkan, perempuan adalah sosok yang selalu bertutur tentang kebaikan dan ramah. Perempatan itu fasih, ramah, malu, wangi. Prof. Dr. Noriah dengan spesialisasi kajian teks kuno mengatakan, pengarang Melayu selalu merendahkan diri. Kajian filologi dan teks selalu menarik namun membutuhkan kerja keras dan ketelatenan.

Penandatanganan kerjasama dilakukan usai kuliah umum, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara UKM dengan FDIK. Penandatanganan dilakukan antara Dekan dengan FDIK Dr. Abdul Syukur dengan Pimpinan Kolej Dar Al-Hikmah Prof. Dr. Ghozali Basri.

Selanjutnya penandatanganan MoA antara Kolej Darul Hikmah dengan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) diwakili oleh Ketua Program Studi KPI yaitu Dr. Khairullah, M.A. dan Sekretaris Program Studi yaitu Ade Nur Istiani, M.I.Kom.

Dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran pada Program Studi KPI serta pengembangan ilmu bagi dosen dan mahasiswa.